Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebih Siaga Pinjol, Ini Ciri-ciri dan Panduan untuk Menghindarinya


Di zaman digitalisasi seperti sekarang ini, segala hal dapat dilaksanakan cukup lewat gawai. Terhitung transaksi bisnis keuangan. Cukup banyak juga, sekarang ini banyak penawaran pinjaman online atau umum disebutkan pinjol. Ramainya pinjol, dipandang beberapa orang jadi jalan keluar bila keuangan buruk. Kesempatan itu bisa jadi digunakan oleh instansi penyuplai pinjol, untuk menangkap korban. Mereka tawarkan pinjaman bukan hanya lewat program, tetapi lewat pesan singkat SMS atau WhatsApp.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) minta warga makin siaga. Anjuran itu dikatakan Kementerian Kominfo lewat account Instagram @kemenkominfo. Dalam uploadnya, Kementerian Kominfo menerangkan jika beberapa orang sudah pernah mendapatkan penawaran atau sempat menyaksikan iklan terekait pinjol. Hal tersebut perlu dicurigai, sebab bisa menjadi salah satunya ciri-ciri pinjol ilegal.

Kementerian Kominfo menggunggah beberapa tanda pinjol ilegal. Diantaranya, umumnya pinjol ilegal memasangkan iklan yang menonjol. Hingga beberapa korban tergoda, dan ikuti pinjol dari iklan itu. Karena itu, bila menjumpai iklan yang menonjol adukan pada pihak yang berkuasa.

Ke-2 , check perusahaan pinjol dari situs sah Kewenangan Jasa Keuangan (OJK) di website www.ojk.go.id. Bila ada pinjol yang menjelaskan telah tercatat di OJK, atau bahkan juga memasangkan simbol OJK, janganlah lekas yakin demikian saja. Check dulu, apa betul-betul telah tercatat atau memang belum.

Ke-3 , yakinkan validitas dan tapak jejak digital. Yakinkan untuk memeriksa validitas dan reputasi digital perusahaan pinjol untuk pastikan kebenaran dan kepastian alamat kantor atau pengurus dan penjelasannya.

Ke-4, jauhi pinjaman dengan jasa besar. Banyak yang gampang tergoda pinjol jika ada jasa besar. Oleh karena itu jauhi pinjaman dengan jasa besar, dengan tidak boleh gampang yakin beberapa iklan yang mengatasdirikan OJK atau instansi tertentu. Ke-5, cermat persyaratan dan ketetapan saat sebelum lakukan pinjaman. Check lebih dulu persyaratan dan ketetapan yang berjalan.

Ke-6, ambil program di penyuplai service program sah. Bila ingin lakukan pinjaman dana lewat pinjol, yakinkan untuk mengambil program lewat penyuplai sah. Misalkan Google Play Toko atau App Toko. Atau lewat situs sah perusahaan pinjol.

Ke-7 , siaga penyimpangan data pribadi. Umumnya pinjol akan minta data pribadi. Karena itu perlu dicurigai, upayakan menghindar syarat pinjol yang minta ijin untuk terhubung contact di gawai, photo kartu ATm, sampai photo pribadi yang menggenggam kartu jati diri.

 

Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk minta warga siaga pada penyuplai pinjol nakal. Hari Purwanto, ST sebagai Kabid Statistik dan Info Komunikasi Khalayak Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk menerangkan, umumnya pinjol nakal tidak mempunyai contact service aduan yang terang. Ciri-ciri seterusnya, langkah lakukan penagihan memakai tata langkah yang tidak betul.

“Misalkan memiliki kandungan elemen kekerasan, baik fisik atau verbal. Dan penghinaan nama baik. Selanjutnya minta akses daftar contact pada gawai, sekalian document yang lain memiliki sifat pribadi. Karena itu, kami minta warga lebih berhati-hati berkaitan penawaran pinjol. Bila memerlukan jasa keuangan, yakinkan dahulu sudah memiliki badan hukum atau memang belum. Atau yang semakin aman, datangi saja kantor penyuplai jasa keuangan disekitaran kita,” pesan pria memakai kacamata ini saat dijumpai PING, Jumat (18/06/2021).

Posting Komentar untuk "Lebih Siaga Pinjol, Ini Ciri-ciri dan Panduan untuk Menghindarinya"