Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Istilah Penting dalam Pinjaman Online yang Perlu Kamu Tahu


Kegiatan lending atau pinjaman uang menjadi satu diantara wujud transaksi bisnis yang sudah ada lama. Di dunia perbankan umumnya dipakai istilah credit yang memiliki arti pinjam beberapa uang atau beli sebuah property dan kembalikan secara berjangka dalam masa yang sudah ditetapkan.

Kamu akan mendapati banyak istilah – istilah yang umum dipakai pada kegiatan pinjam – pinjam. Istilah – istilah itu akan kerap dipakai hingga perlu untuk kamu untuk memahami makna dan tujuan sebetulnya dibalik istilah – istilah pada dunia pinjam – pinjam.

  1. Credit

Credit bisa disimpulkan sebagai dana yang didapatkan dari faksi pemberi pinjaman dan dibalikkan secara berjangka dan dengan bunga pinjaman.

  1. Kreditur

Kreditur ialah Instansi atau Bank yang bertindak jadi pemberi pinjaman.

  1. Debitur

Debitur ialah pribadi, perorangan atau perusahaan yang memperoleh hak untuk pinjam, dalam kata yang lain lakukan pinjaman.

  1. Limit Credit

Limit credit ialah nilai optimal atau besaran optimal dari credit yang disodorkan ke faksi Bank atau Instansi pinjaman. Limit credit ini dapat disepakati Bank, atau ditampik oleh faksi Bank/Pemberi Pinjaman.

  1. Tenor

Tenor sebagai periode waktu credit yang disodorkan atau lama waktunya credit diangsur. Tenor merujuk pada unit bulan, dan tahun. Misalkan, tenor untuk nilai pinjaman Rp 5.000.000 ialah satu tahun, yang maknanya Anda pinjam sebesar Rp 5.000.000 dan harus membayar nilai pinjaman dan bunga bank dalam kurun waktu satu tahun.

  1. Cicilan

Cicilan sebagai nominal besarnya pembayaran credit yang dibayar tiap bulan pada sebuah masa Tenor.

  1. Bunga

Bunga bisa disimpulkan sebagai besarnya imbalan atas jasa Instansi atau Bank dalam pinjamkan beberapa dana credit.

 

  1. Bunga Flat

Ada pula istilah bunga flat yakni penghitungan bunga dengan hitung secara rata dari keseluruhan utang hingga pembagian pembayaran bunga dan dasar tiap bulannya selalu.

  1. Bunga Efisien

Sementara untuk bunga efisien jatah bunga dihitung berdasar dasar hutang sisa. Karena itu, jatah bunga dan dasar dalam cicilan setiap bulan akan berlainan, walau besar cicilan /bulan masih sama.

Mekanisme bunga efisien umumnya diaplikasikan pada produk KPR (Credit Kepemilikan Rumah) atau credit investasi. Nilai bunga yang dibayarkan debitur tiap bulan akan makin menjadi kecil. Karena bunganya yang dibayarkan menjadi kecil, karena itu cicilan /bulan akan makin turun dari hari ke hari.

  1. Bunga Fixed

Sama sesuai namanya, suku bunga fixed maknanya suku bunga itu memiliki sifat masih tetap sepanjang masa tertentu sama sesuai persetujuan. Keuntungan mekanisme bunga ini untuk Anda ialah bila suku bunga pasar naik, karena itu Anda tidak terbeban bunga tambahan.

Jaminan agunan yang dikasih ke faksi bank dari debitur untuk jamin kelancaran pembayaran cicilan credit dan menjadi alternative paling akhir sumber pembayaran pelunasan pembayaran credit untuk bank jika terjadi tidak berhasil bayar. Jaminan biasanya berbentuk sertifikat tanah atau BPKB kendaraan.

Ikrar Credit ialah proses penandatanganan kesepakatan credit di depan petinggi Bank.

Jatuh Tempo sebagai tanggal cicilan credit harus dibayar tiap bulannya. Upayakan on time dalam bayar bill credit, karena ini akan memengaruhi rekam kegiatan pinjam seorang. Bila rekam kegiatanmu buruk maka susah untuk kita untuk lakukan credit kembali di periode mendatang.

Bagaimana? Cukup terang kan keterangan berkenaan 10 istilah penting dalam pinjam pinjam yang penting kamu ketahui?! Jika sudah, tentunya kamu dapat semakin pintar dan arif dalam ajukan proses pinjaman. Yok jadi debitur pintar sejak saat ini!

Posting Komentar untuk "10 Istilah Penting dalam Pinjaman Online yang Perlu Kamu Tahu"