Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Aman Pada Pinjaman Online

Financial technology atau fintech adalah tehnologi yang melesat sekarang ini. Anak negeri juga tidak stop bereksperimen, banyak program dengan ide inovatif dan solutif yang dibuat untuk menolong warga menangani permasalahan ekonomi. Tehnologi keuangan ini sebagai gagasan fresh yang ada dari dunia startup, yang manfaatkan program untuk menolong warga Indonesia dalam menuntaskan persoalan hidup terutamanya pada permasalahan keuangan.

Berdasar Ketentuan Bank Indonesia No. 19/12/PBI/2017 mengenai Penyelenggaraan Tehnologi Keuangan (PBI Tekfin), financial technology terdiri jadi empat barisan, yaitu (1) crowdfunding dan peer to peer landing, (2) pasar aggregator, (3) risk and investment manajemen, dan (4) sektor payment, settlement, dan clearing. Tetapi kelompok dari BI ini berlainan dengan kelompok OJK, yang cuman membagikan di dalam 2 tipe, yakni Financial technology 2.0 dan Financial technology 3.0. Financial technology 2.0 ialah service untuk keuangan digital yang dioperasionalkan instansi keuangan seperti Berdikari Online, garapan Bank Berdikari. Dan Financial technology 3.0 untuk startup tehnologi yang mempunyai produk dan jasa pengembangan keuangan. Nach,? yang hendak kita ulas di sini ialah startup tehnologi yang mempunyai produk dan pengembangan keuangan dengan tipe pinjaman online.

Penataan berkenaan pinjaman online ini telah ditata pada Ketentuan Kewenangan Jasa Keuangan No. 77/POJK.01/2016 mengenai Service Pinjam Pinjam Uang Berbasiskan Tehnologi Info. Pinjaman online ini jadi terkenal karena prosesnya yang paling nudah dan tidak berbelit. Cukup hanya memperlihatkan photo KTP saja sebagai persyaratan pencairan pinjaman. Tetapi dibalik keringanan dan keuntungan yang didapatkan, ada pula ketetapan yang lain harus Anda kenali, khususnya saat sebelum ajukan pinjaman dan Anda juga tidak tidak untung, misalnya:

Melakukan penelitian sebelum mengawali

Tentukan penyuplai pinjaman uang online paling dipercaya, yang mempunyai service konsumen setia yang terang dan gampang dikontak. Dalam ketetapan OJK, pelaksana credit online harus sediakan service untuk menuntaskan protes nasabah. Walau dilaksanakan lewat online, tetapi kontak center ialah hal yang harus ada. Lihat nomor telephone fixed linenya, karena beberapa program cuman mempunyai sarana chatbot atau cuman bisa dikontak lewat e-mail.

Sebagai calon debitur, Anda harus melalukan penelitian untuk ini awalnya. Lihatlah integritas lokasi yang Anda ingin sampaikan. Tidak boleh gampang terlena dengan janji manis penyuplai pinjaman walau Anda lagi ada pada keadaan menekan. Tidak boleh karena hanya tertekan selanjutnya Anda tanpa pemikiran yang masak pada akhirnya lakukan pinjaman uang tanpa ketahui secara baik background dari penyuplai pinjaman.

Lakukan perbedaan bunga

Kerjakan perbedaan bunga antara penyuplai pinjaman online satu sama lainnya dan bandingkan juga sama yang dijajakan bank. Selainnya bunga, Anda harus juga memperbandingkan ongkos administrasi dan ongkos awalnya (provisi). Dalam masalah ini, OJK telah atur angka logis beberapa biaya dalam POJK Nomor 77 /POJK.01/2016, yang mengatakan jika pelaksana memberi saran atas suku bunga yang ditawari oleh Pemberi Pinjaman dan Yang menerima Pinjaman dengan menimbang kewajaran dan perubahan ekonomi nasional.

Lihat periode waktu pinjaman

Beberapa orang berpikiran jika periode pembayaran utang yang lama-lama akan semakin memudahkan. Hal ini betul karena makin lamanya waktu pembayarannya utang Anda akan makin enteng ansurannya. Tetapi ini punya pengaruh pada nilai bunga yang perlu di bayarkan setelah itu. Makin lama Anda mencicil, bunga yang dikenai akan makin besar juga. Sebaiknya untuk pilih tenor pinjaman yang cepat.

Tentukan penyuplai pinjaman online yang tercatat di OJK

OJK memutuskan jika semua pinjaman uang online harus tercatat di OJK, karena perusahaan pinjaman online harus mempunyai validitas yang terang, bukan bodong. Dengan tercatat di OJK, nasabah mempunyai pelindungan customer, karena perusahaan pinjaman online harus patuhi ketetapan, norma, dan sikap yang diputuskan regulator. Disamping itu, dengan tercatat di OJK, perusahaan financial technology online sekurang-kurangnya harus ikuti ketetapan OJK yang larang dan akan tindak tegas sikap dan norma penagihan yang tidak patut ke nasabah.

Persiapkan document yang dibutuhkan

Pinjaman online dengan bunga rendah selalu menyaratkan document individu. Karenanya, persiapkanlah persyaratan document saat sebelum Anda ajukan pinjaman. Document individu yang biasa disuruh bank adalah jati diri, seperti KTP dan Kartu Keluarga, nomor dasar harus pajak (NPWP), slip upah untuk pegawai, foto copy kartu credit, dan surat domisili/ijin usaha dari kelurahan bila Anda cari pinjaman usaha. Walau ada pinjaman online yang tawarkan persyaratan gampang, yakni cukup dengan memberi sedikit info individu saat buka account di website atau program pinjaman online, tetapi tidak tutup peluang bila nanti Anda malah akan terserang bunga pinjaman yang tidak lumrah.

Posting Komentar untuk "Panduan Aman Pada Pinjaman Online"