Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trading EUR/USD: Data Esensial Apa Saja yang Punya pengaruh

Pasar jadi peka dengan perubahan data esensial yang jadi rumor. Dengan motivasi mendapat keuntungan yang cukup dan cukup memiliki sifat spekulatif, trader umumnya akan masuk pasar di saat launching data non farm payrolls Amerika Serikat dan informasi tingkat suku bunga The Fed atau BoE.


Launching Data Esensial dalam Trading EUR/USD

Berikut launching data esensial yang berpengaruh langsung dan harus diamati saat kita trading EUR/USD:


1. FOMC rate decision

Kerap disebutkan FOMC pernyataan atau informasi peraturan bank sentra Amerika Serikat, terhitung salah satunya suku bunga referensi. Bila The Fed meningkatkan suku bunga US Dollar akan kuat, dan kebalikannya.


2. Data Non Farm Payrolls (NFP) Amerika Serikat,

Ialah yang melaunching jumlah tenaga kerja baru di luar sektor kerja pertanian. Di-launching tiap bulan pada hari Jumat minggu awal, data ini benar-benar berpengaruh langsung pada nilai US Dollar dan yang selalu dinanti beberapa trader. Umumnya bila launching aktual semakin besar dari perkiraan (forecast), karena itu US Dollar akan kuat, dan kebalikannya.


3. FOMC rapat minutes

Laporan hasil tatap muka beberapa anggota FOMC yang telah diselenggarakan dua minggu awalnya. Notula ini umumnya diharap akan memberikan deskripsi mengenai tingkat suku bunga The Fed mendatang. Bila tingkat suku bunga condong akan naik, US dollar akan kuat dan kebalikannya.


4. ECB rate decision

Informasi tingkat suku bunga dari ECB (European Central Bank) yang direncanakan setiap bulan ini sudah pasti akan berpengaruh langsung pada nilai Euro. Bila hasil launching semakin besar dari perkiraan, karena itu Euro akan kuat, dan kebalikannya.


5. IFO business climate survei

Ialah indeks komposit yang didasari di hasil survei dari beragam manufacturing, building, distributor besar, dan pedagang ketengan yang disebut tanda kondisi ekonomi Jerman sebagai negara paling besar ekonominya di zone Euro. Bila hasil launching semakin besar dari perkiraan Euro, maka kuat dan kebalikannya.


6. European trade balance

kerap disebutkan neraca perdagangan zone Euro. Bila hasil launching minus, karena itu nilai Euro akan menurun; kebalikannya bila hasilnya ialah kenaikan surplus, karena itu Euro akan kuat.


7. German unemployment

Ialah tetang data pengangguran di Jerman. Tanda yang di-launching tiap bulan ini dapat dipandang seperti deskripsi tingkat pengangguran keseluruhannya di zone Euro. Hasil launching yang lebih kecil dari perkiraan akan berpengaruh postif pada nilai Euro, dan kebalikannya.


8. European GDP: Gross Domestic Product

Ialah hasil output produksi sebagai tanda kemajuan ekonomi satu teritori. Bila hasil launching semakin besar dari perkiraan, karena itu nilai Euro akan kuat, dan kebalikannya. Disamping itu, perlu diamati beberapa momen pidato dari beberapa pejabat bank sentra, baik dari Federasi Reserve (The Fed) sebagai bank sentra AS, atau ECB. Isi pidato-pidato itu dapat berpengaruh langsung pada nilai Euro, terutamanya pada pasangan mata uang EUR/USD.

Posting Komentar untuk " Trading EUR/USD: Data Esensial Apa Saja yang Punya pengaruh"